Sabtu, 23 April 2011

Memelihara dan Meningkatkan Amanah

Amanah/kepercayaan hanya didapat dengan perbuatan benar.

Kita memberi kepercayaan/amanah hanya kepada mereka yang kita yakini benar. Jadi begitu pula sebaliknya kita mendapat amanah karena kita berbuat benar.

Kita kehilangan amanah karena kita berbuat yang tidak benar, sebagaimana kita tidak ingin memberikan amanah kepada mereka yang berbuat tidak benar.

Rumus/formula dari amanah adalah:

Berbuat benar=memelihara tingkat amanah yang sudah ada + peluang mendapatkan amanah-amanah baru

Orang yg berbuat benar atau tidak benar dapat dilihat dari bagaimana dia memperlakukan amanah2 yg sudah ada pada dirinya.

Bila seseorang selalu berbuat benar terhadap amanah2 yang telah ada dia bisa juga disebut sebagai orang yang mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Kepada mereka lah kita sebaiknya memberikan kepercayaan/amanah.

Sedangkan orang-orang yang berbuat tidak benar terhadap amanah2 yang sudah ada maka dia juga dapat disebut sebagai orang2 yang mengingkari nikmat Allah. Sebaiknya kita tidak memberikan kepercayaan/amanah kepada orang2 seperti ini dan bila saat ini kita sedang memberikan dia kepercayaan sebaiknya kita menarik kepercayaan kita dari mereka.

Rumus di atas sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini :

sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (Surah Ibrahim : Ayat 7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar